Event KOREA di Bulan September 2019

 

Bulan September…… Apa apa dengan bulan September ini ????

September merupakan bulan yang spesial bagi masyarakat Korea Selatan karena di bulan ini masyarakat Korea Selatan merayakan Hari Raya Chuseok. Hari Mudiknya Korea…

Hari Raya Chuseok / Festival Chuseok ??

Chingu yang menyukai K-Pop pasti sudah tau apa itu Hari Raya Chuseok. Pada saat merayakan Hari Raya Chuseok pasti banyak idol kalian yang mengenakan Hanbok [Pakaian Tradisional Korea] dan mengucapkan Selamat Hari Libur.

Hari Raya Chuseok추석 (Harvest Moon Festival) merupakan hari bulan purnama di Korea Selatan yang dirayakan sebagai ucapan syukur masyarakat atas keberhasilan panen. Perayaan ini juga di sebut sebagai Hari Panen atau Festival Bulan Musim Panen atau Hangawi.

Hari Raya Chuseok

Perayaan Hari Raya ini disambut dengan sangat gembira oleh masyarakat Korea Selatan. Pemerintah menetapkan Hari Libur Nasional selama 3 Hari berturut-turun dalam merayakan Hari Raya Chuseok. Pada Hari Raya Chuseok ini banyak masyarakat yang melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman mereka. Libur Nasionalnya lama chingu, jadi dimanfaatkan deh dengan mudik He… He… ^o^

Sedikit berbeda dengan perayaan Hari Panen di beberapa Negara lainnya. Hari Panen di Korea Selatan sendiri dirayakan pada saat Musim Gugur tepatnya di bulan September. Tahun ini Hari Raya Chuseok dirayakan pada tanggal 12 – 14 September 2019. Perayaan ini sudah ada sejak periode awal Kerajaan Silla yang dikenal dengan perayaan Hangawi.

Perayaan Hari Raya Chuseok ini dimulai dengan penghormatan arwah leluhur dengan berziarah ke makam. Tak lupa persembahan berupa makanan, buah-buahan, minuman serta hasil panen tahun ini untuk leluhur.

Malam sebelum Perayaan semua keluarga akan duduk bersama membuat Songpyeong sambil memandang bulan. Songpyeong merupakan makanan wajib yang selalu ada. Makanan ini terbuat dari tepung beras dengan isian kacang tanah atau wijen. Semua orang akan saling berbagi makanan, minuman dan bermain permainan tradisional bersama-sama selama perayaan ini berlangsung.

Menarik kan Chingu….

Update selanjutnya akan mengulas tentang Festival Tari Topeng Andong ditunggu ya ^o^

Satu pemikiran pada “Event KOREA di Bulan September 2019

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.