Jangan Salah Lagi !!! Kimono dan Yukata Berbeda !!!

Apa yang terlintas jika kita ditanya mengenai pakaian tradisional Jepang ??? Pasti yang muncul dibenak kita adalah baju panjang seperti kebaya dengan pita besar yang sering disebut dengan Kimono. Iya kan ???? Tahukah kita jika gambaran baju yang muncul di benak kita sebenarnya bukan Kimono??? Nah, Bisa jadi yang muncul dibenak kita adalah Yukata bukan Kimono.

Apa itu Kimono dan Apa itu Yukata??

Kali ini akan dibahas mengenai perbedaan antara Yukata dan Kimono. Dua baju ini serupa tapi mereka tidak sama lho, jadi jangan salah ya. Sebenarnya yang sering kita lihat difestival jejepangan adalah Yukata.  Yukata [  浴衣 ] adalah salah satu jenis Kimono yang dibuat dari bahan katun tipis tanpa adanya pelapis. Yukata ini lebih sering disebut sebagai casual kimono. Baju ini pada dasarnya dipakai setelah mandi. Tujuannya agar tubuh menjadi sejuk setelah mandi, karena orang Jepang biasanya mandi satu kali yaitu pada saat malam hari. Beda kan dengan kita yang sehari mandi dua kali bahkan lebih ^o^

Yukata biasanya dipakai pada saat musim panas, karena tekstur bajunya yang tipis akan memberikan kesan sejuk. Selain juga juga biasa digunakan pada saat festival seperti festival Matsuri, festivalkembang api atau menari pada saat perayaan obon. Yukata ini bisa dipakai oleh siapa saja, tidak memanda status sosial maupun identitas. Semuanya bisa memakai. Harga yukata juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Kimono. Cara memakai dan perawatannya pun lebih mudah dibandingkan Kimono. Pada saat kita berada di Jepang dan kebetulan meninap dipenginapan tradisional Jepang, kita akan menemukan yukata di kamar penginapan kita. Memang baju tersebut disediakan untuk dipakai pengunjung setelah mandi. Kebetulan kemarin pada sesi kebudayaan di kelas Bahasa Jepang, Ihda Sensai memperkenalkan Yukata. Siswa juga diberikan kesempatan untuk mencoba Yukata tersebut.

Berikutnya adalah Kimono. Kimono [ 着物 ] atau yang sering disebut Gofuku adalah baju tradisional Jepang versi mewahnya. Hal tersebut lantaran harga satu Kimono sangat fantastis sehingga tidak semua orang bisa mengenakan Kimono. Kimono biasanya dipakai pada acara formal saja. Seperti halnya kegiatan keagamaan dan pernikahan. Kimonoini terbuat dari kain sutra sehingga lebih halus dan bagus. Nah, sudah terjawab kan kenapa harga kimono mahal. Hal tersebut juga yang membuat Kimono diperlakukan sangat istimewa. Kimono ini terdiri atas dua lapisan yaitu Juban dan Hadajuban sehingga lebih tebal dari pada Yukata. Cara memakai Kimono sedikit lebih sulit. Selain itu di warna, motif dan lebar lengan juga terkandung makna-makna tersendiri.

Sudah tahukan sekarang perbedaan antara Yukata dan Kimono. Mereka memang serupa tapi tidak sama ya. Jangan salah lagi sekarang ya menyebutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.