5 Festival Kebudayaan di Jepang yang Perlu Kalian Ketahui

Setiap Negara pastinya mempunyai festival-festival kebudayaan yang sangat  menarik untuk kita ketahui dan kita saksikan. Tak terkecuali Negara Jepang. Negara yang dikenal dengan julukan Negeri Matahari terbit ini mempunya berbagai macam festival kebudayaan yang sangat memanjakan mata. Hal ini memberikan daya tarik tersendiri dan menjadi magnet bagi wisatawan asing. Kali ini hanya akan diulas 5 festival kebudayaan yang menjadi favorit di Jepang. Apa saja itu???? Disimak ya.

  • Gion Matsuri

Minna-san tahu Gion Matsuri??? Gion Matsuri ini merupakan festival yang sangat, sangat, sangat besar yang diadakan di Jepang. Festival ini berlangsung di kota Kyoto. Gion Matsuri ini diadakan selama satu bulan penuh. Namun puncaknya berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Festival ini sudah berlangsung selama 1000 tahun lho dan akan terus dilaksanakan setiap tahunnya. Festival ini sangat luar biasa lantaran adanya arak-arakan atau pawai. Bahkan kota Kyoto ditutup selama 3 malam menjelang arak-arakan atau pawai besar dilaksanakan. Tiga malam ini dikenal dengan nama Yoiyoiyoiyama, Yoiyoiyama, dan Yoiyama. Yoiyoiyoiyama ditulis dengan empat huruf kanji, yaitu 宵々々山 dan dimulai setiap tanggal 14 Juli. Yoiyoiyama (宵々山) besoknya, yakni tanggal 15 Juli. Dan Yoiyama (宵山) besoknya lagi, ialah pada tanggal 16 Juli. Semuanya berurutan. Selain pawai yang bisa disaksikan, kalian juga akan menemukan banyak penjual makanan khas jepang. Selain itu akan banyak sekali dijumpai masyarakat sekitar yang mengenakan baju Yukata.

  • Awa Odori Matsuri

Awa Odori ini merupakan salah salah satu festival terbesar di Jepang. Festival ini merupakan Festival Tarian terbesar di Jepang yang diadakan setiap tanggal 12 hingga 15 Agustus setiap tahunnya. Festival ini diadakan di Kota Tokushima. Festival ini diadakan untuk menyambut perayaan Obor atau peringatan bagi arwah leluhur yang sudah meninggal. Semua masyarakat Jepang sangat antusias dalam festival ini. Festival ini penuh dengan tari-tarian dan musik khas jepang yang mengiringi para penari. Semua orang yang mengikuti festival ini juga diperolehkan untuk ikut menari.

  • Tanabata Matsuri

Tanabata Matsuri atau yang lebih akrab dengan sebutan festival bintang di Jepang ini merupakan salah satu festival kebudayaan yang dilaksanakan setiap tanggal 7 Juli. Pada saat merayakan festival ini masyarakat akan menulis harapan-harapan mereka pada secarik kertas  berwarna-warni dan mengantungkannya di pohon bambu yang diberi nama ‘Sasa’. Tradisi menggantungkan kertas harapan akan berakhir pada saat festival obor berlangsung. Festival ini berlangsung di Kota Dendai, Miyagi. Festival ini di adakan berdasarkan legenda China tentang 2 bintang yaitu Altair dan Vega. Jika kalian ingin menggantungkan harapan di festival tanabata ini , kalian bisa berkunjung ke jepang sekitar bulan Juli ya.

  • Obon Matsuri

Obon Matsuri merupakan salah satu upacara yang sudah menjadi tradisi bagi penduduk Jepang. Festival ini dikenal dengan festival kematian. Hal tersebut karena festival ini merupakan upacara yang bertujuan untuk menyambut kedatangan arwah leluhur. Festival ini berlangsung dibulan agustus. Untuk tanggalnya berbeda-beda bergantung setiap daerahnya. Festival ini berlangsung selama 5 hari dan dihari terakhir orang-orang akan menghayutkan lentera di sungai sebagai tujuan untuk mengantar arwah leluhur kembali. Festival ini sangat-sangat menarik.

  • Nagahama Hikiyama Matsuri

Nagahama Hikiyama Matsuri merupakan festival yang berasal dari Zaman Momoyama. Festival ini bermula pada saat Kaisar dari kastil Nagahama Toyotomi Hideyoshi memberikan uang kepada masyarakat  atas kelahiran anak pertamanya dan masyarakat menggunakan uang tersebut untuk membuat perayaan besar di Kuil Hachiman. Sejak saat itu festival ini diadakan setiap tahunnya. Festival ini juga dikenal sebagai salah satu festival dengan kendaraan arak-arakan terbanyak di Jepang, bahkan ada beberapa kendaraan yang berasal dari periode Edo. Salah satu yang menjadi daya tarik utama di festival ini adalah kabuki yang dipentaskan oleh anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.