Pelatihan BIPA Tingkat Dasar dan Kiat Sukses Mengajarkan BIPA di Lintas Benua

Banyaknya peminat BIPA yang ada diperguruan tinggi di Indonesia maupun Lembaga bahasa saat ini menjadi penanda bahwa program BIPA benar-benar mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Bahkan Program BIPA menjadi salah satu tawaran matakuliah wajib maupun penjurusan bagi program studi di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Akan tetapi, tidak semua pengajar dapat mengajarkan BIPA kepada orang asing. Pengajar BIPA tentu harus memiliki bekal khusus untuk dapat menjadi pengajar BIPA yang layak. Pengetahuan mengenai penilaian pembelajaran BIPA, pemahaman lintas budaya, strategi pembelajaran, dan penyusunan rencana pembelajaran harus dikuasai oleh pengajar BIPA. Apalagi untuk pengajar yang baru pertama kali terjun di dunia ke-BIP-an, maka hal-hal dasar ini bersifat wajib.

Akhil Education Centre bekerja sama dengan Menara Bahasa mengadakan Pelatihan BIPA Tingat Dasar dan Kiat Sukses Mengajarkan BIPA di Lintas Benua dengan fokus pada hal-hal dasar yang perlu dimiliki oleh seorang pengajar BIPA. Pemateri dan instruktur adalah pengajar, pengelola, dan praktisi BIPA yang berpengalaman bertahun-tahun dalam bidang ke-BIPA-an. Pelatihan ini diakhiri dengan praktik mengajar siswa BIPA Level A1 dan Level A2.

Program Pelatihan BIPA Tingat Dasar dan Kiat Sukses Mengajarkan BIPA di Lintas Benua ini berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Program pelatihan ini berlangsung selama 4 hari yaitu mulai dari tanggal 04 hingga 08 Oktober 2021 yang lalu. Narasumber dan Fasilitator dalam kegiatan tersebut meliputi Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si., Dr. Yusro Edy Nugroho, M.Hum.,  Dr. Ari Kusmiatun, Dra. Dyah Narang Huth, Erni C. Westi, S.S., M.Hum., Roslina Sawitri, M.Hum., Wati Istanti, M.Pd., Eko Wahyudi, S.S., M.M. Beliau-beliau ini merupakan pengajar, pengelola dan praktisi BIPA yang sudah berpengalaman dalam bidang BIPA.

Program ini diikuti oleh sekitar 15 peserta yang berasal dari berbagai macam negara seperti Mesir, China, dsb. Diakhir pelatihan semua peserta menerima esertifikat sebagai bentuk keikutsertaan pelatihan selama 4 hari berturut-turut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.