Apa itu Studienkolleg?

Tahukah kalian apa itu studienkolleg? Jika teman-teman berencana melanjutkan study atau kuliah di Jerman, maka kalian harus tahu mengenai studienkoleg.

Studienkolleg merupakan program persiapan atau penyetaraan untuk siswa internasional yang ingin berkuliah di Jerman. Jika kalian adalah lullusan SMA dari Indonesia yang akan kuliah di Jerman, maka wajib untuk mengikuti program ini. Namun apabila kalian sudah memiliki gelar S1 sebelumnya, maka kalian tidak perlu mengikuti program ini. Jadi intinya program studienkolleg ini hanya untuk mereka yang lulusan SMA dan ingi lanjut kuliah di Jerman.

Bagaimana cara mengikuti program ini?

Agar kalian bisa mendaftar sebagai peserta dari studienkolleg, kalian harus mendaftar terlebih dahulu di salah satu universitas di Jerman. Setelah itu, kalian akan mendapat undangan dari universitas yang dituju untuk mengikuti program studienkolleg.

Persyaratan utama untuk dapat melamar sebagai siswa di studienkolleg yaitu lulus dari SMA atau sederajar serta memiliki sertifikasi kemampuan bahasa Jerman minimal B1.

Setelah kalian mendaftar program studuenkolleg kalian akan menerima surat panggilan untuk ujian masuk atau keraj disebut dengan Aufnahmeprüfung. Ini merupakan salah satu bagian dari ujian studienkolleg dimana siswa nantinya akan diuji seputar Bahasa Jerman untuk semua kursus. Salah satu yang akan diujikan adalah matematika.

Waktu untuk mengikuti studienkolleg biasanya dibagi menjadi 2 sesi. Pertama dimulai pada bulan September/Oktober dan sesi kedua dimulai Maret/April. Dalam program ini siswa dapat memilih satu dari lima kursus yang tersedia. Pilihan kursus disesuaikan dengan jurusan yang akan dituju.

Pilihan Kursus dalam program studienkolleg ada 5 yaitu:

  1. G-Kurs, pelajaran yang nantinya dipelajari meliputi Bahasa Jerman, Matematika, Kimia, Biologi, bahasa Inggris, Sosiologi, Statistik dan Sejarah.
  2. M-Kurs pelajaran yang dipelajari meliputi bahasa Jerman, Matematika, Kimia, Biologi, Fisika.
  3. S-Kurs pelajaran yang dipelajari meliputi bahasa Jerman, bahasa Asing, Sejarah, Sastra Jerman dan Ilmu Sosial.
  4. T-Kurs, pelajaran yang dipelajari meliputi bahasa Jerman, matematika, fisika, kimia dan informatika.
  5. W-Kurs, pelajaran yang dipelajari merliputi bahasa Jerman, bahasa Inggris, Matematika, Bisnis, Ekonomi dan Ilmu Sosial.

Setelah lulus dari program Studienkolleg, kalian bisa memulai study di Jerman sesuai Universitas tujuan kalian.

Ingin berkuliah di Jerman? Pastikan kalian telah mengikuti kursus Bahasa Jerman sebagai persiapan untuk masuk ke Studienkolleg. Fase persiapan harus sudah dimulai sejak kelas 1 SMA. Ingat sertifikat kemampuan yang berlaku adalah sertifikat B1.

Dimana kalian bisa mendapatkan Kursus Bahasa Jerman? Tentunya di AEC Semarang donks.

Informasi & Pendaftaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.