Lima Masjid Terkenal di Korea Selatan

Ramadhan sebentar lagi datang guys. Yuk kita telusuri Jejak Islam yang ada di Korea Selatan melalui 5 masjid terkenal yang ada di Korea Selatan di bawah ini.

  • Seoul Central Masque

Seoul Centre Masque merupakan masjid permanen pertama yang ada di Korea Selatan dan merupakan masjid tertua. Masjid ini terletak di pusat kota Seoul. Tepatnya terletak di daerah Itaewon, Seoul Korea Selatan. Masjid ini mulai didirikan pada tahun 1976 atas bantuan dari pemerintah korea selatan serta kontribusi moneter dari Arab Saudi. Teman-teman yang berkunjung ke Seoul wajib sekali mengunjungi masjid ini.

Nuansa Islami terlihat jelas pada saat memasuki wilayah masjid ini. Ada sebuah madrasah yang didirikan pula di sekitar masjid. Madrasah ini dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam bagi anak-anak, pusat penelitian kebudayaan islam dan organiasasi islam lainnya. Pada saat bulan Ramadhan masjid ini banyak dikunjungi oleh mahasiswa-mahasiswa muslim.

  • Masjid Busan

Masjid di Korea Selatan bukan hanya ada di Seoul ya guys, di Busan juga ada sebuah masjid yang cukup terkenal yaitu masjid Busan Al Fatah “한국 이슬람 부산성원”. Masjdi ini merupakan masjid tertua ke dua yang dibangun di Korea Selatan. Masjid ini dibangun pada tahun 1980 dengan pendanaan dari Libya. Masjid ini terletak di 30-1 Namsan-dong Keumjeong-ku, Busan. Masjid ini dekat dengan Dusil Stasiun, Busan Metro. Jika ingin ke masjid tinggal jalan kaki saja dari stasiun tersebut. Masjid ini mempunyai sebuah perpustakaan dengan berbagai macam koleksi buku dan audio yang bisa dipinjam.

  • Masjid Gwangju

Masjid Gwangju merupakan masjid tertua ketiga yang ada di Korea Selatan. Masjid ini resmi dibuka pada tahun 1981. Masjid ini menjadi satu-satunya masjid yang ada di Gwangju. Masjid ini didirikan oleh organisasi muslim yang ada di Korea Selatan yaitu Korea Muslim Federation [KMF]. Bukan hanya mendirikan, saja organisasi ini juga mengelola masjid ini sampai saat ini. Terletak di Yeok-dong 48-9, Gwangju, Gyeonggi-do. Jamaah masjid bukan hanya orang korea saja. Banyak di antaranya berasal dari Negara-Negara lainnya seperti Indonesia, Mesir dan Pakistan.

  • Masjid Jeolla-do

Masjid lainnya yang bisa ditemukan di Korea Selatan yaitu Masjid Jeolla-do. Masjid ini terletak di 732-21 Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan. Masjid ini menujukkan bahwa kebudayaan asli Korea bisa berdampingan dengan Islam. Hal tersebut dapat terlihat pada bangunan masjid. Bungunan masjid memadukan arsitektur Korea dan Arsitekture Islam. Atap masjid dibuat dengan memadukan atap khas korea dengan kubah khas Islam. Masjid ini memiliki arsitektur yang cukup unik.

  • Masjid Ansan

Masjdi Ansan merupakan salah satu masjid termegah yang ada di Korea Selatan. Masjid ini memiliki 4 lantai. Masjid ini sudah ada sejak tahun 1990 an. Namun pada tahun 2007 masih ini mulai digiatkan kembali pembangunannya dan menjadi masjid yang megah. Masjid ini diramaikan oleh pendatang dari Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan adanya satu lantai yang digunakan untuk organisasi TKI Korea di kota Ansan. Masjid ini terletak di 16-1 Wongokgongwon-ro, Wongokbon-dong, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Setiap hari Jumat, masjid ini ramai dikunjungi oleh umat muslim dari beberapa daerah disekitar ansan.

Itu tadi guys. Info seputar masjid masjid yang bisa ditemukan di Korea Selatan. Teman-teman muslim yang berkunjung ke Korea Selatan perlu sekali menambahkan list kunjungan ke salah satu masjid yang ada di Korea Selatan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.