Sejarah Huruf Korea [Hangeul]

Tahukah kalian Apa itu Hangeul ??? Pecinta K-Pop dan K-Drama pastinya tidak asing dengan sebut Hangeul.

Yupz… Hangeul adalah penyebutan dari Bahasa Korea. Mudahnya kita punya Aksara Jawa dalam Bahasa Jawa sedangkan dalam Bahasa Korea dikenal dengan sebutan Hangeul. Sejarah dan latar belakang tercetusnya “Hangeul” dapat dilihat dari kutipan di bawah ini.

Hangeul merupakan abjad khusus yang digunakan oleh warga Korea sebagai system penulisan bahasa mereka. Huruf abjad ini diciptakan oleh Raja Sejong dengan di bantu oleh para cendekiawan di massa Joseon.

Raja Besar Sejong adalah raja keempat yang memerintah selama Era Joseon. Banyak yang mengatakan bahwa Raja Sejong merupakan penguasa (raja) terbesar dalam sejarah Korea. Salah satu faktornya adalah beliau mencetuskan ‘HANGEUL’ sebagai system penulisan Korea pada tahun 1443 M.

Sebelum Hangeul dicetuskan, masyarakat Korea menggunakan huruf China ‘Hanja’ sebagai penulisan. Meski demikian ‘Hanja’ tidak sesuai dengan struktur dan karakteristik khusus Bahasa Korea, sehingga banyak masyarakat yang kesusahan dalam menggunakan huruf Hanja ini.

Hal tersebutlah yang membuat Raja Sejong menciptakan Huruf Hangeul. Raja Sejong tidak serta merta menciptakan huruf Hangeul ini. Namun beliau telah banyak belajar dalam studi kebahasaan untuk menciptakan huruf Hangeul yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Korea. Huruf Hangeul terdiri atas 14 konsonan dan 10 vokal, sehingga mudah diingat dan digunakan. Masyarakat Korea sangat menghargai perjuangan Raja Sejong dalam menciptakan huruf Korea ini sehingga terdapat satu hari yang diperingati sebagai hari Hangeul.

Hari Penetapan Hangeul atau Hangeul Day adalah hari istimewa bangsa Korea. Hari tersebut merupakan hari tercetusnya Huruf Hangeul oleh Raja Sejong. Hari Hangeul di peringati setiap tanggal 09 Oktober di Korea Selatan dan 15 Januari di Korea Utara. Perayaan Hari Hangeul ini dikenal dengan sebutan Hari Chosŏn’gŭl. Sejak tahun 2013 Hari Hangeul menjadi hari Libur Nasional di Korea Selatan.

Teman-teman ingin tau informasi lebih lanjut mengenai Huruf Hangeul ini ????? Yukss segera merapat ke AEC Semarang.

AEC Semarang membuka pendaftaran Kelas Bahasa Korea Online untuk periode Oktober 2020. Grab it fast guys !!!!

Cuzzz…. Informasi Pendaftaran bisa langsung WA 081 1293 6060

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.