SALAM SAPAAN BAHASA JEPANG [AISATSU]

Yuks….. belajar Bahasa Jepang lagi bersama Akhil Education Centre [AEC] Semarang. Kali ini kita akan belajar salam sapaan dalam Bahasa Jepang. Kira-kira ada apa saja ya salam sapaan dalam Bahasa Jepang???

Kata sapaan yang paling umum diucapkan pada saat bertemu seseorang pastilah berkaitan dengan waktu. Kata sapaan yang berkaitan dengan waktu meliputi Ohayou Gozaimasu ( おはようございます), Konnichiwa ( こんにちわ ), Konbanwa ( こんばんわ ), Oyasuminasai ( おやすみなさい ).

Ohayou (Gozaimasu) merupakan salam pertemuan yang diucapkan di pagi hari, sekitar pukul 10.00. Salam ‘ohayou’ digunakan apabila lawan bicara adalah sahabat karib atau yang berusia lebih muda. Untuk menyopankan diri karena lawan bicara berusia lebih tua, bisa menggunakan tambahan “Gozaimasu” menjadi “Ohayou Gozaimasu”. Konnichiwa diucapkan pada siang hari sampai pukul 18.00 sedangkan Konbanwa diucapkan pada malam hari setelah pukul 18.00. Pada saat kita ingin beristirahat menggunakan kata Oyasuminasai.

Pada saat kita meminta maaf dalam Bahasa Jepang, kita bisa menggunakan kata Sumimasen (すみません) yang berarti maaf, dan kita bisa membalasnya dengan kata Daijoubu (大丈夫) yang berarti tidak apa apa.

Ungkapan yang digunakan untuk menyatakan rasa terima kasih kepada lawan bicara bisa menggunakan kata ‘doumo’ / ‘arigatou’. Ungkapan tersebut merupakan ungkapan non formal. Bentuk yang lebih sopan lagi atau formal bisa menggunakan doumo arigatou gozaimasu (terimakasih banyak) atau arigatou gozaimasu. Bentuk sopan ini biasanya digunakan kepada orang yang baru pertama kenal atau orang yang lebh kita hormati.

Ungkapan yang biasa digunakan orang jepang pada aat memulai makan yaitu Itadakimasu (いただきます) yang memiliki arti selamat makan. Ungkapan yang digunakan pada saat selesai makan atau minum yaitu Gochisousama (ごちそうさま).

Ungkapan yang digunakan pada saat kita ingin pergi atau berpamitan dalam Bahasa Jepang yaitu Itte Kimasu ( 行って来ます) yang memiliki arti Saya Pergi Dulu. Kita bisa membalas ungkapan tersebut dengan kata Itte Rassai ( 行ってらっしゃい) yang memiliki arti Hati-Hati. Sedangkan ungkapan yang digunakan pada saat kita sampai kembali yaitu Tadaima (ただいま) yang artinya saya pulang dan untuk membalasnya bisa menggunakan Okaerinasai (お帰りなさい) yang artinya selamat datang.

Ogenki Desuka? おげんきですか ? Ungkapan tersebut merupakaan salam sapaan yang digunakan untuk menanyakan kondisi lawan bicara. Awalan (O) dalam kalimat tanya ‘genki desuka’ merupakan pertanyaan bentuk sopan yang dapat digunakan ketika menanyakan kondisi lawan bicara yang kita hormati. Untuk menjawabnya dalam bentuk sopan bisa menggunakan kalimat ‘Okagesamade genki desu’ yang mempunyai arti berkat restu anda, saya baik-baik saja.

Itu tadi Aisatsu atau salam sapaan dalam Bahasa Jepang. Nah, bagi kalian yang ingin belajar Bahasa Jepang lebih detail lagi, yuk merapat ke Akhil Education Centre [AEC] Semarang. Banyak sekali pilihan kelas yang bisa kalian ambil guys.

Informasi dan Pendaftaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.