MAHASISWA UNNES PKL AEC? “Expérience de stage à l’AEC” !

Bonjour… Bonjur ….

Akhil Education Centre [AEC] Semarang selama dua bulan terakhir ini menerima 2 mahasiswa Universitas Negeri Semarang [UNNES] Jurusan Sastra Prancis yang melaksanakan PKL. Apa saja kegiatan dua mahasiswa UNNES ini selama PKL di AEC. Yuk simak cerita dari Ms. Virginia dan Ms. Virsca yang satu ini guys.

Je m’appelle Virgina. Je suis étudiante de la littérature française et je suis dans le 7éme semestre maintenant.

Yups diatas tadi perkenalan singkat saya dalam Bahasa Prancis. Saya PKL di AEC Semarang tidak sendirian melainkan bersama dengan teman saya Friska. Crita kali ini merupakan crita pengalaman saya selama melaksanakan PKL di AEC Semarang. Next artikel akan ada crita dari sudut pandang yang lain guys.

Sebelumnya, apa itu PKL ?

Praktik kerja lapangan atau biasa disebut PKL merupakan salah-satu kegiatan murid dan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

AEC Semarang adalah salah satu pilihan yang bisa dijadikan tempat melaksanakan PKL. Buat yang penasaran tentang AEC Semarang, silakan kunjungi profilnya di laman berikut ini:

Singkat cerita, Akhil Education Centre (AEC) Semarang adalah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan yang menyediakan pelatihan Bahasa Asing termasuk Bahasa Prancis. Sebagai mahasiswa Sastra Prancis, PKL di AEC tentunya sangat sinkron sebab ilmu Bahasa dan Kesusastraan Prancis pastinya terpakai. Nah ! Apa saja aktivitas yang dijalani selama PKL di AEC ?

Check it out…

Pasti banyak yang mikir kalau PKL di tempat kursus seperti AEC pasti disuruh ngajar. Eits… Tunggu dulu. Mengajar merupakan aktivitas yang sulit apalagi jika dilaksanakan di tempat yang resmi termasuk AEC. Jadi, sebagai mahasiswa PKL, kami diberikan bekal untuk bisa mengajar tetapi tidak dibebankan untuk mengajar. Kami mendapat kesempatan untuk mengamati dan memperlajari proses belajar mengajar yang ada di AEC. Serta diberi kesempatan untuk mencoba mengajar jika memungkinkan. Selain itu kami juga diajarkan cara membuat silabus, RPP dan soal-soal latihan dan ujian. Bagi mahasiswa Sastra seperti saya, tentu ini merupakan suatu ilmu yang baru, sebab di perkuliahan kita tak pernah membahas cara membuat silabus sama sekali. Kami belajar bagaimana membuka kelas bahasa prancis mulai dari munyusun program, publis hingga kelas berjalan.

Tidak hanya itu, membuat konten di sosial media juga kami jabanin. Marketing, content creating dan editing tergolong tidak mudah bagi kami mahasiswa Sastra. Meskipun kami memiliki bekal ilmu kesusastraan yang bisa dijadikan konten. Tetapi kami belum pernah mempelajari memadu padankan konten dan marketing apalagi editing. Tetapi disinilah letak tantangannya. Proses selama melaksanakan pekerjaan ini sangat dinamis dan edukatif tentunya.

Gimana ? Udah kebayang bakal ngapain aja kalau PKL di AEC ?

Intinya kalau PKL di AEC itu, pekerjaan selalu ada, ga ada istilah gabut. Layaknya dunia kerja sesungguhnya, kami selalu disuguhi dengan pekerjaan. Tapi selain belajar untuk praktek kerja, kita juga belajar beradaptasi. Beradaptasi di tempat baru dan dengan orang baru yang memiliki karakter yang berbeda-beda, belajar bertanggung jawab dengan pekerjaan yang diberikan dan lain sebagainya. Selama PKL di AEC, alhamdulillah semua tujuan tersebut tercapai. Tidak hanya mempelajari persoalan ilmu dan implementasinya, tetapi juga softskill dan nilai-nilai yang harus dijunjung di dunia kerja kelak.

Buat temen-temen pejuang PKL, jangan pernah menganggap PKL itu suatu beban, dijalani dengan ikhlas dan santai tapi tetep tujuan awal yaitu belajar mengenal lingkungan kerja tercapai.

Goodluck buat kalian semua, dan bagi teman-teman yang mencari tempat Kursus Bahasa Prancis bisa langsung ke AEC Semarang aja. Setiap bulan AEC Semarang selalu memberikan promo-promo kelas menarik yang bisa kalian ambil. Selain itu banyak pilihan kelas yang bisa teman-teman ambil. Mau kelas ONLINE maupun OFFLINE ada juga lho….

Kalian juga bisa ikutin social media AEC Semarang seperti Facebook dan Instagram, selalu ada materi-materi bahasa asing yang di sampaikan teman.

Merci ^o^

Satu pemikiran pada “MAHASISWA UNNES PKL AEC? “Expérience de stage à l’AEC” !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.